Arsip Blog

Minggu, 01 Agustus 2010

Ciri-ciri pemuda muslim

a. Motivasi yang lebih dari yang lain
Artinya setiap orang memank berbeda mengenai motivasi nya tetapi kita yang sebagai muslim harus mempunyai motivasi lebih terhadap segala aktivitas baik kegiatan sehari-hari, pada waktu kuliah mapun dsaat kita kerja. Seorang muslim sejati harus mempunyai motivasi yang lebih menghadapi jenis tantangan dan cobaan yang datang menerpa kita. Disini lah kita di tuntut untuk selalu berusaha terhadap segala cobaan yang mungkin allah berikan kepada kita, cobaan dan cobaan yang di berikan allah sudah mempunyai kadar-kadar tersendiri setiap orang sesuai dengan kemampuan kita. Tidak lah berikan suatu cobaan terhadap suatu kaum yang mungkin melebihi kapasitas orang tersebut.
b. Berlomba-lomba dalam kebaikan
Berlomba-lomba lah dalam kebaikan terhadap segala kegiatan dan aktivitas sehari-hari, karena hidup ini adalah pilihan tetapi menjalaninya adalah suatu keharusan bagi kita. Jadi jalani lah hidup ini dengan berbagai kegiatan yang positif dan lebih bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Banyak realiats yang terjadi saat ini adalah orang sering sekali acuh terhadap kondisi di sekitar nya sehingga mereka berfikiran bahwa hidup harus di nikmati dan Cuma sekali jadi jangan di sia-siakan, emank bener hidup Cuma sekali tetapi kalau hanya diisi dengan hal-hal yang kurang bermanfaat atau malah merugikan diri sendiri maupun orang lain malah membuat diri kita makin banyak dosa az. Hadapi lah hidup ini dengan segala resiko yang ada dan jadikan lah hidup lebih bermanfaat.aminnnn….
c. Semangat untuk menuntut ilmu
Banyak sekali orang di luar sana yang mungkin tidak bisa mengenyam pendidikan tetapi apakah kita saat ini sudah mengetahui atau bahkan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Banyak diantara kita saat ini kurang begitu semangat dengan namanya menuntut ilmu,tetapi apakah kita tidak butuh ilmu?....sekali lagi kita membutuhkan ilmu untuk bekal kita hidup di dunia ini dan di akherat kelak. Jadi jadikan lah ilmu adalah sebagai kebutuhan hidup kita dengan begitu kita dapat memahami dan menyukai ilmu tersebut sehingga dengan sendirinya kita akan mempunyai semangat dalam menuntut ilmu lebih tinggi.
d. Memiliki perhatian yang tinggi terhadap aktivitas keislaman
Jadilah orang yang mempunyai kepekaan tinggi terhadap kondisi dan iklim sekitar kita terlebih lagi dengan nama nya segala jenis aktivitas keislaman. Karena islam menhajarakan kita untuk selalu peka dan ikut berkontributif terhadap segala jenis aktivitas dan mempunyai perhatian lebih sehingga kita mengetahui segala bentuk perkembangan dan perubahan yang ada. Banyak orang banyak suku banyak ras dan banyak golongan yang ada didalam masyarakat jangan membuat diri kita seolah-olah terkotak-kotak terhadap kondisi tersebut.marilah bentuk diri ini menjadi muslim yang penuh kontributif terhadap segala bentuk aktivitas keislaman. Mulailah aktivitas tersebut dari saat ini hingga nanti tanpa mengenal batas waktu dan usia.
e. Selalu memperhatikan (merenegerasi) nilai-nilai keislaman
Banyak atau mungkin kita sering melihat pemuda-pemuda islam yang terjerumus pada kondisi yang membingungkan contohnya terkena narkoba, sex bebas dan dll. Kondisi tersebut membuat kita merasa prihatin atau mungkin tidak pernah kita berfikir kalau kondisi umat saat ini memang butuh suatu tausyiah atau motivasi yang lebih yang mencerminkan nilai-nilai keislaman sehingga kondisi yang bisa kita sebut multidimensi ini harus segera diselamatkan dari jurang kehancuran. Kita masih butuh banyak pemuda tingkah lakunya yang mencerminkan nilai-nilai keislaman sehingga bisa mewarnai kepemimpinan nasional yang saat ini warnanya abu-abu.
f. Tidak mengenal istirahat
Pemuda adalah salah satu instrument penting di dalam suatu Negara untuk menjadi penyeimbang dan agent of change demi perubahan bangsan kedepannya yang lebih baik. Dalam kondisi tersebut dituntut peran pemuda sangatlah besar, dengan di hadapkan kondisi tersebut maka sebagai pemuda kita akan selalu mempunyai tanggung jawab yang besar sehingga dengan banyaknya aktivitas tersebut setidaknya mereka jangan punya anggapan untuk sedikit-dikit mengeluh atau bahkan menyerah. Mereka harus mempunyai sifat pantang menyerah dan tidak mengenal istirahat dalam berbagai hal.
g. Membenci sikap diam dan pengecut
Sebagai seorang muslim khususnya pemuda jangan hanya senang melihat segala aktivitas atau bahkan tinta emas yang ditorehkan orang lain, mereka harus punya bentuk tindakan dan karya nyata dalam kehidupan ini. Punya kontributif terhadap kondisi yang perlu perubahan, jangan hanya menjadi pemuda yang diam dan pengecut ketika melihat sesuatu kondisi yang tidak benar. Pemuda lah yang harus mengawali segala bentuk aktivitas yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.
h. Segera merespon amanah
Banyak seseorang yang saat ini mungkin merasa tidak pantas bahkan menolak amanah yang telah diberikan kepada dia karena berbagai alasan-alasan yang mungkin secara nalar atau pola pikir kita sering sekali tidak masuk akal. Karena itu lah kita sebagi seorang pemuda muslim harus mempunyai kepekaan terhadap kondisi sehingga apabila di beri amanah setidaknya segera merespon amanah tersebut dan menjalankan nya dengan hati ikhlas. Dengan begitu kita akan menikmati dan lebih enjoy pada amanah yang kita jalankan sekarang. Mulai berfikir positif dan selalu berusaha terhadap segala amal perbuatan dan tindakan kita. Mulai berfikirlah mulai saat ini detik ini hingga nanti sampai waktu yang tidak ditentukan.
i. Sedikit tidur
Rasulullah SAW pun ketika pada waktu seperti malam banyak mendirikan sholat padahal beliau sudah dijamin oleh allah SWT masuk kedalam surganya, tetapi dengan kita yang notabene belum dijamin masuk surga apakah kita pada sepertitiga malam sudah berlomba-lomba mendirikan sholat. Pertanyaan besar yang harus di jawab oleh masing-masing individu seseorang muslim sejati terutama pemuda, marilah kita contoh segala tindakan dan keteladanan nabi Muhammad SAW sehingga kagiatan kita sehari-hari tidak hanya diisi kebanyakan tidur tapi untuk hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu banyak pemikiran yang brilian yang lahir pada diri seorang pemuda muslim sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar